Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan
YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktifsertabijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuatkeputusan
|
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan
kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
3.2
Menganalisis perkembangan model atom.
3.3
Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan
teori mekanika kuantum.
3.4
Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk
menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
3.5
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan
kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel
(atom, ion, molekul)materi dan
hubungannya
dengan sifat fisik materi.
3.6
Menganalisis kepolaran senyawa.
3.7
Menganalisis teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom
(Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.
3.8
Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan
daya hantar listriknya.
3.9
Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi
serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.10
Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik
dan organik sederhana.
3.11
Menerapkankonsep massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan
perhitungan kimia.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyajikanhasilpengamatan tentanghakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja
dalam mempelajari kimia sertaperankimiadalamkehidupan..
4.2
Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.3
Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkanteori atom Bohr danteorimekanikakuantum.
4.4
Menyajikanhasilanalisishubungankonfigurasielektrondan
diagram orbital
untukmenentukanletakunsurdalamtabelperiodikdansifat-sifatperiodikunsur.
4.5
Mengolah dan menganalisis perbandingan proses
pembentukanikatan ion, ikatankovalen, ikatankovalenkoordinasi, danikatanlogamsertainteraksiantarpartikel (atom, ion, molekul)materidanhubungannyadengansifatfisikmateri.
4.6
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
kepolaran senyawa.
4.7
Meramalkanbentukmolekulberdasarkanteorijumlahpasanganelektron di sekitarinti atom (Teori Domain
Elektron).
4.8
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit.
4.9
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
reaksi oksidasi-reduksi.
4.10
Menalar aturanIUPAC dalam penamaan senyawaanorganikdanorganiksederhana.
4.11
Mengolah dan menganalisis data terkait massamolekulrelatif, persamaanreaksi, hukum-hukumdasarkimia,
dankonsepmoluntukmenyelesaikanperhitungankimia.
|
Posting Komentar