KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KIMIA SMA KELAS X



Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia


KELAS:  X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1          Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1          Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2          Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3          Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuatkeputusan
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1          Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
3.2          Menganalisis perkembangan model atom.
3.3          Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
3.4          Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
3.5          Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul)materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.6          Menganalisis kepolaran senyawa.
3.7          Menganalisis teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.
3.8          Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
3.9          Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.10      Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
3.11      Menerapkankonsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1         Menyajikanhasilpengamatan tentanghakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia sertaperankimiadalamkehidupan..
4.2         Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.3         Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkanteori atom Bohr danteorimekanikakuantum.
4.4         Menyajikanhasilanalisishubungankonfigurasielektrondan diagram orbital untukmenentukanletakunsurdalamtabelperiodikdansifat-sifatperiodikunsur.
4.5         Mengolah dan menganalisis perbandingan proses pembentukanikatan ion, ikatankovalen, ikatankovalenkoordinasi, danikatanlogamsertainteraksiantarpartikel (atom, ion, molekul)materidanhubungannyadengansifatfisikmateri.
4.6         Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa.
4.7         Meramalkanbentukmolekulberdasarkanteorijumlahpasanganelektron di sekitarinti atom (Teori Domain Elektron).
4.8         Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit.
4.9         Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi-reduksi.
4.10      Menalar aturanIUPAC dalam penamaan senyawaanorganikdanorganiksederhana.
4.11      Mengolah dan menganalisis data terkait massamolekulrelatif, persamaanreaksi, hukum-hukumdasarkimia, dankonsepmoluntukmenyelesaikanperhitungankimia.

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Seberkas Cahaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger